Berita

Empat Kecamatan Di Wilayah 1 Kab. Nisel Laksanakan Musrenbang Tahun 2019

Nias Selatan : Mulajadinews.com

Empat Kecamatan di Wilayah Kabupaten Nias Selatan (Nisel), melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) bersama, bertempat di Aula Dolin Cottage Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Nisel, Sumatera Utara, Jumat (08/02).

Pelaksanaan Musrenbang tahun ini dibagi dalam 6 (enam) Wilayah. Khusus Wilayah I ada empat Kecamatan yaitu Teluk Dalam, Fanayama, Luahagundre Maniamolo dan Onolalu. Dengan peserta Penjabat Kepala Desa, Ketua BPD dan Sekretaris Desa serta Tokoh Masyarakat dari 53 Desa.

Kegiatan Musrenbang di wilayah I dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Gayus Duha,S.Pd., mewakili Bupati Nias Selatan. Dan dihadiri Anggota DPRD dari Dapil I, Fombagidodo Manao, mewakili Danlanal Nias Pasintel Lanal Nias, Mayor Marinir Jayusman,SH., Asisten Pembangunan dan Perekonomian Martinus Halawa,S.Pd., dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Pada saat ruang diskusi sedang berlangsung Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., dalam arahannya menjelaskan maksud pelaksanaan Musrenbang adalah untuk menyepakati kebutuhan pembangunan yang lebih prioritas sebagai bahan dalam penyusunan RKPD tahun 2020.

Bupati Hilarius Duha menanggapi beberapa usulan pembangunan yang disampaikan oleh peserta Musrenbang. Bupati juga menyebutkan beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 khususnya wilayah I, antara lain: penataan pantai Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo, pembangunan jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Onohondro Kecamatan Fanayama dan pembangunan jalan dari Desa Hilifalago menuju Desa Hilinamozaua Kecamatan Onolalu.

Sesuai pantauan Wartawan media on-line Mulajadinews. Com.
Pada Musrenbang itu, para Camat memaparkan usul-usul Pembangunan sebagaimana hasil Musrenbang tingkat Desa. Ada tiga jenis usul pembangunan yang disampaikan meliputi pembangunan manusia, pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Pada saat kata sambutan pak Camat Fanayama, Ridho Aeska Amurizokho Fau, menyampaikan usul pembangunan antara lain: pembangunan gedung Paud di Desa Lahusa Fau, renovasi gedung dan pembangunan pagar SMPN 1 Fanayama, rehab gedung Puskesmas Pembantu di Desa Hilinawalo Fau, pengadaan peralatan dan pakaian sanggar budaya di Desa Siwalawa, penataan pinggir air terjun sungai Zumali di Desa Onohondro, pembangunan jalan usaha tani menuju persawahan Gia’oyo di Desa Hiligito Orahili, pengaspalan jalan menuju Kantor Camat Fanayama, pengerasan dan pengaspalan jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Hilimondregeraya, dan pembangunan bronjong di Bawagoli Desa Siwalawa dan Desa Hilikaramaha.

Berikutnya, Camat Teluk Dalam, Dionisius Wau,SE.,MM., menyampaikan usul pembangunan antara lain: pembangunan gedung Paud di Desa Ganowo Sa’ua, pembangunan gedung SDN Hilisao’otoniha, pembangunan gedung SMP di Desa Hililaza, pembangunan polindes di Desa Nanowa, pembentukan sanggar budaya Kelurahan Pasar Teluk Dalam, pengadaan pupuk pertanian di Desa Hilisondrekha, pengadaan kapal penangkap ikan di Desa Hilitobara, pembangunan badan jalan dari Balikhi menuju SDN Sa’ua Desa Hiliganowo, pembangunan bronjong di Desa Hiligeho, rehabilitasi jalan dari jalan provinsi menuju Desa Hilisondrekha dan bantuan perumahan bagi warga miskin di Desa Bawolowalani.

Selanjutnya, Camat Onolalu, Tahonogo Loi,S.Pd., menyampaikan usul pembangunan antara lain: pembangunan gedung Paud di Desa Hilimondregeraya, pengadaan sumber daya air di Desa Hilionaha, pembangunan los pekan di Desa Hilimondregeraya, pembangunan TPT dan gorong-gorong dari Desa Hilikara – Hilionaha di Hilikara, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di Desa Sa’ua dan Desa Hilinamozaua Raya, dan pembangunan Kantor Camat Onolalu.

Lanjut Camat Luahagundre Maniamolo, Ta’ajari Wau,S.Pd., menyampaikan usul pembangunan antara lain: pembangunan gedung Paud di Desa Botohilisilambo dan Desa Bawomaenamolo, pemugaran rumah adat di Desa Hiliamaetaniha, lanjutan penataan pantai Sorake di Desa Botohili Sorake, pengaspalan jalan usaha tani dari Hilimaenamolo menuju Onaya di Desa Hilimaenamolo, bantuan perahu untuk nelayan di Desa Bawomaenamolo dan Desa Lagundri, pembangunan drainase dari jembatan gendro’o sampai jembatan luahagundre di Desa Lagundri dan pembangunan air bersih di Desa Hiliamaetaniha.

Seusai pemaparan para Camat, peserta Musrenbang dengan semangat merespon usul-usul pembangunan melalui ruang diskusi yang dipandu oleh Plt. Sekcam Luahagundre Maniamolo, Martianus Zebua,SE. Sebelumnya Sekretaris Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono, juga memaparkan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019, sehingga Musrenbang di wilayah I dapat terlaksana dengan baik.(red/F)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.