BeritaPeristiwaSumatera Utara

Garuda Indonesia Hentikan Rute ke Silangit

Tobasa, MULAJADINEWS

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhenti melayani penerbangan rute Bandara Soekarno-Hatta – Silangit pergi pulang (PP) mulai tanggal 13 Januari 2019. Rute Jakarta-Silangit yang telah dibuka dari Maret 2016 lalu dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier type CRJ 1000 ini sengaja ditutup sebagai bentuk sinergi Garuda Indonesia group dan juga langkah optimalisasi pendapatan.

“Mulai 13 Januari 2019 Garuda Indonesia tidak lagi terbang ke Bandara Silangit,” ujar Branch Manager Garuda Indonesia, Lia de Vega, Jumat (11/1), di Bandara Internasional Silangit, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara seperti dilansir Antara.

Usai penghentian operasional penerbangan rute Jakarta-Silangit PP oleh Garuda Indonesia, nantinya rute tersebut akan dilayani oleh maskapai Citilink dan Sriwijaya Air yang masih tergabung dalam Garuda Group. “Ini Sinergi Garuda grup. Garuda akan diwakili oleh Sriwijaya dan Citilink yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group. Ini keputusan manajemen untuk optimalisasi penerimaan, sinergi Garuda Grup,” jelas Lia.

Executive General Manager Bandara Internasional Silangit, Hendra Irawan juga membenarkan jika per tanggal 13 Januari 2019 maskapai Garuda Indonesia sudah tak lagi melayani rute penerbangan dari Silangit ke Jakarta atau sebaliknya. “Benar, mulai 13 Januari 2019 Garuda Indonesia tidak lagi melayani rute Soetta-Silangit,” beber Hendra.

Kabar terkait penutupan rute tersebut memang sempat ramai menjadi bahan perbincangan di kalangan para penumpang yang biasa bepergian melalui Bandara Silangit menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Pasalnya, sebelumnya maskapai Malindo Air yang tergabung dalam Lion Air Group juga sudah terlebih dulu menghentikan operasional penerbangan Silangit-Subang Malaysia. Dengan ditutupnya rute penerbangan ke Silangit oleh Garuda Indonesia ini sekaligus menambah deretan maskapai yang berhenti beroperasi ke Silangit.

Sebelumnya juga sempat santer terdengar kabar yang menyebutkan jika Citilink pun akan berhenti melayani rute Silangit-Cengkareng PP dan Silangit-Halim Perdanakusuma mulai 17 Januari 2019. Akan tetapi, Manager of Service, Operation and Maintanance Bandara Internasional Silangit, Ermansyah Saragih menegaskan jika Citilink tetap melayani penerbangan untuk kedua rute tersebut. “Kepada rekan-rekan media saya sampaikan bahwa Citilink tetap melayani rute seperti biasa,” tandas Erman.(Red/Hum)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.