BeritaDaerahSamosir

HUJAN DERAS AKIBATKAN BANJIR BESAR DI SIMANINDO

Samosir, MULAJADINEWS

Pemkab Samosir memantau langsung ke lapangan atas musibah alam yang terjadi di Kecamatan Simanindo, akibat hujan yang terus menerus mengakibatkan banjir besar di Dusun 3 Desa Ambarita, (13/12).

Arus air yang besar mengakibatkan rusaknya tanggul sungai Tambun dan membentuk aliran sungai yang baru, aliran air bercampur matrial lumpur dan masuk ke wilayah Komplek HKBP Ambarita dan sekolah SMA Negeri 1 Simanindo, yang mana beberapa ruang kelas dan ruang guru dipenuhi lumpur setinggi 1 meter.

Akibat banjir tersebut merusak beberapa kebun rakyat, 6 ruangan klas SMA 1 Ambarita, dan 3 rumah warga kena lumpur.

Tidak ada korban jiwa manusia dalam kejadian tersebut. Dari informasi beberapa warga setempat sungai ini merupakan sungai kecil. Memang mulai jam 20.00 WIB tadi malam(13/12) hujan deras dan lama diperkirakan banjir besar tersebut datang sekitar pukul 01.00 WIB dinihari tadi.

 

Menerima informasi tersebut Tim dari Pemkab Samosir yang dipimpin oleh Asisten I Pemkab Samosir Mangihut Sinaga langsung menuju lokasi untuk memberikan penanganan singkat antara lain memerintahkan pemadam kebakaran untuk membantu pembersihan lumpur di lokasi SMA 1. mengkoordinasi penanganan singkat aliran air agar tidak meluber.

Sebelum menuju tanggul sungai yang rusak Tim Pemkab Samosir yaitu Dinas PUPR, BPBD, Dinas Sosial dan Dinas Kominfo beserta Camat, TNI,Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Tokoh masyarakat melakukan rapat koordinasi di Kantor Camat Simanindo untuk mengambil langkah-langkah penanganan.

Akan menurunkan alat berat mengarahkan masyarakat melaksanakan gotong royong khususnya pembangunan areal sekolah agar aktivitas sekolah tidak terganggu serta meminta informasi-informasi dari masyarakat selanjutnya Tim menuju lokasi kecilnya tanggul penahan sungai untuk melihat langsung penanganan lanjutan sehingga hal seperti ini tidak terulang lagi.

Asisten I juga menyampaikan akan melaporkan kondisi ini kepada Bupati Samosir dah akan melakukan pemeriksaan ke hilir sungai melihat apa faktor penyebabnya lebih detail.

Alat berat yang dikoordinasikan Dinas PUPR Kabupaten Samosir sore ini sudah sampai dilokasi untuk melakukan penanganan singkat. Mengingat curah hujan yang cukup deras dan berkepanjangan diharapkan semua warga Samosir untuk waspada. Semoga kejadian seperti ini tidak terulanglagi.

Sebagai insan sosial atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial melalui Camat Simanindo langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir.

Tim yang dipimpin As.I Mangihut Sinaga bersama Kadis PU PERA Pantas Samosir, Ka.BPBD Mahler Tamba, Camat Simanindo Dapot Simbolon dan Kabid Kominfo Ricky Rumapea beserta staf terus memantau proses penanganan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.