Berita

Sistem perengkingan 358 Peserta CPASN Batubara Lulus SKD

BATUBARA, mulajadinews.com

Akhirnya pengumuman yang dinanti – nantikan ribuan peserta CPASN Batubara terjawab sudah. Bupati Batubara H.RM. Harry Nugroho, SE mengumumkan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD), Selasa (4/12).

Informasi yang diterima wartawan dari Asisten III Setdakab Batubara Attaruddin, S.Pd, MM selaku Ketua Panitia Seleksi CPASN Batubara 2018 malam menyebutkan berdasarkan pengumuman tersebut sebanyak 358 orang peserta dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar. Mereka selanjutnya akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Sabtu (8/12).

Pada pengumuman Nomor 810/7912 tanggal 04 Desember 2018 yang ditandatangani Bupati, dinyatakan dasar kelulusan 358 orang tersebut adalah Surat Kepala BKN Nomor K26.30/D6221/XI/18.01 tanggal 20 November 2018.

Selanjutnya dijelaskan peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar dan berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peratutan Menpan RB Nomor 37 tahun 2018 dan termasuk dalam 3 kali dari jumlah kebutuhan masing-masing jabatan. Peserta yang memenuhi kriteria ini dinyatakan sebagai peserta SKB kelompok pertama.

Kemudian diterangkan apabila peserta yang memenuhi ambang batas belum mencukupi jumlah formasi yang tersedia maka peserta yang memenuhi kriteria menurut Peraturan Menpan RB Nomor 61 Tahun 2018, dinyatakan sebagai peserta SKB kelompok kedua.

Meski begitu tidak seluruh peserta SKD yang lulus berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 61 tahun 2018 otomatis lolos sebagai peserta TKB. Peserta yang dinyatakan lolos hanya 3 kali dari jumlah formasi yang tersedia untuk masing-masing formasi.

Amatan wartawan berdasarkan ketentuan tersebut banyak peserta yang dinyatakan lulus pada kelompok kedua namun tidak lolos sebagai peserta SKB.

Disebutkan bahwa peserta SKB hanya berkompetisi dengan peserta dari masing-masing kelompok.

Disebutkan juga bahwa peserta eks honorer K-II dan penyandang disabilitas tidak mengikuti SKD.

Mengenai tata tertib pelaksanaan seleksi berdasarkan pengumuman tersebut Attaruddin menyatakan sama dengan pelaksanaan SKD lalu.

Demikian pula mengenai lokasi pelaksanaan SKB tetap di SMKN 1 Air Putih Desa Suka Raja Kecamatan Air Putih Kab. Batubara pada Minggu (8/12).

Selanjutnya Attaruddin berpesan agar baik peserta CPASN maupun orangtua peserta agar tidak mempercayai oknum-oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan peserta.
“Pelaksanaan seleksi ini kita jamin murni berdasarkan kemampuan peserta”, janji Attaruddin.

( Sholeh Pelka )

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons