BeritaSamosirSumatera Utara

RAPAT KOORDINASI, PENGAWASAN KAMPANYE DALAM RANGKA PEMILIHAN UMUM 2019

Samosir, MULAJADINEWS

Bertempat di Aula Hotel Grand Dainang, Selasa (27/11) dilaksanakan Rapat Kordinasi dalam Rangka Pemilihan Umum 2019 yang dihadiri oleh Bupati Samosir, Ketua DPRD Kab. Samosir, Kapolres Samosir, Dandim 0210 TU (PABUNG SAMOSIR), TIM PEMERIKSA DKPP PROV. SUMUT, SKPD Terkait, Pimpinan Partai Politik Se-Kab.Samosir, LSM/Pers, FKTM, FKUB dan undangan lainnya.Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah mewujudkan komitmen kesepakatan bersama seluruh pemangku kepentingan/stakeholder, serta mewujudkan pemahaman bersama dalam pengawasan Pemilu 2019.

Rapat koordinasi ini dibuka Ketua BAWASLU Anggiat Sinaga yang menyampaikan salah satu proses tahapan Pemilu adalah masalah dugaan pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan amanat UU dan regulasi harus dilaporkan dan dikoordinasikan kepada Pemerintah, pihak keamanan dan stakeholder, karena itu pihak BAWASLU meminta bantuan kepada instansi terkait dimaksud.

Kapolres Samosir Agus Darojat menyampaikan potensi-potensi pelanggaran dalam tahapan Pemilu yg dapat menimbulkan kerawanan salah satunya adalah masalah APK dan potensi masalah pemilih, perhitungan suara dan masalah lainnya, oleh karena itu diperlukan penyamaan persepsi melalui koordinasi seperti halnya rapat ini sehingga permasalahan yg akan berdampak masalah hukum dapat dihindari. Oleh karena itu jajaran kepolisian sudah melakukan langkah-langkah pengamanan proses dimaksud dengan kegiatan operasi khusus yg berbeda dengan kegiatan rutin kepolisian, walaupun anggarannya belum tersedia, demi kelancaran proses Pemilu 2019 yang mendapat aplus peserta rapat.

Pada kesempatan ini juga Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan apresiasi atas kinerja Ketua BAWASLU dan KPU Indonesia khususnya Samosir selaku penyelenggara serta Bapak/Ibu Narasumber yang hadir saat ini.
Bupati Samosir berharap agar semua lini yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga menghasilkan Pemilu yang berkualitas sesuai harapan rakyat. Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019, berupa penugasan personil khususnya penugasan sekretariat Bawaslu, Panwascam, dan PPL.

Pemerintah juga mendukung sarana dan prasarana mobiler dan sarana pendukung lainnya sesuai kemampuan daerah, melakukan pendukungan sosilisai baik dari pendanaan maupun personil. Memonitoring Pemilu mulai dari pendistribusian logistik hingga sampai pelaksanaan, membentuk Tim dukungan kelancaran Pemilu sesuai Permendagri Nomor 61 Tahun 2011 dan dukungan lainnya.

Dalam hal Netralitas ASN Kabupaten Samosir, Bupati Samosir meminta ASN untuk tidak terlibat kegiatan kampanye, tidak menggunakan fasilitas dan jabatan pada kegiatan kampanye, tidak memihak terhadap calon peserta pemilu baik dalam media sosial dan tidak menyebarkan hoax dan hate speech (ujaran kebencian)
Diakhir acara dilaksanakan penandatanganan kesepakatan untuk kesuksesan Pemilu khusunya dalam bidang pengawasan.(Red/Hum)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons