Berita

Tuntun Harga Tanah Yang Layak, Ratusan Warga Aksi Demo Di Pelindo I Kuala Tanjung

Batu Bara : mulajadinews.com

Ratusan Masyarakat Kuala Tanjung yang terdiri dari 214 pemilik lahan mengelar aksi damai menuntut Perusahan PT Pelindo Ganti Rugi tanah (Lahan) dengan wajar.

PT. Pelindo dinilai Semena-mena terhadap Ganti Rugi(GR) lahan Warga Dusun III Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu bara, dimana Masyarakat Kuala Tanjung mengaharapkan agar Presiden turun tangan pada jalan masuk PT Pelindo, dalam tuntutan aksi damai yang digelar, Rabu(24/10/18).

Hal tersebut disampaikan oleh Candra sebagai juru bicara pemilik lahan mengatakan bahwa mereka(pemilik lahan) merasa atas kedatangan Pelindo ke Kuala Tanjung adalah musibah, sebab semenjak PT Pelindo berdiri dan menjanjikan lahan serta rumah warga akan dibayar dengan wajar dan layak.

“Sekitar dua tahun silam, mereka melarang kami membangun, beternak dan rumah kami ditandai dengan coretan, dimana faktanya hari ini Pelindo mengintimidasi kami dengan uang yang mereka titip di pengadilan,” ungkap Candra.

Lanjutnya Candra pada orasi tersebut perasaan intimidasi itu pada saat pemilik lahan tidak mau dengan harga yang ditetapkan, yang berkisar Rp.360.000,- per meternya.

Polres Batu Bara yang di pimpin langsung oleh Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang, turun ke lokasi aksi untuk pengamanan, bersama dengan Kodim 0208/ As dan memediasi pendemo bernegosiasi dengan pihak Pelindo I.

 

Sementara, PT Pelindo melalui anak Perusahan PT PMT, Ardi, mengatakan, kami tidak bisa memutuskan beaaran harga tanah, karena sudah ada Tim nya yaitu l, tim Apresal dan BPN. Berapapun nanti yang di putuskan kami akan bayar, ujarnya.

Bahkan sebelumnya PT KAI yang membeli lahan warga dengan harga berkisar Rp 2.000.000,- sampai Rp 3.000.000 per meter. Sementara letak tanah warga satu hamparan dengan tanah yang di bebaskan oleh PT.KAI.

Kepala Desa Kuala Tanjung, Usman, Warga Kuala Tanjung bukan menghambat pembangunan, tapi warga minta harga yang layak, di bawah harga PT. KAI pun kami terima, antara 40 – 60 % dari standart PT. KAI. Orasi yang dilakukan oleh 214 pemilik lahan berjalan dengan tertib dan aman. (Sholeh Pelka)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.