BeritaDaerah

Lestarikan Budaya Aceh Tenggara “Pesona Syair dari Lembah Alas”

Jakarta, mulajadinews.com

Pesona Syair dari Lembah Alas di anjungan pemeritah Aceh- Taman Mini Indonesia Indah Jakarta cara dan upaya untuk melestarikan budaya Aceh Tenggara (AGARA). Heru Hendrawan yang mana selaku ketua umum Ikatan Masyarakat Aceh Tenggara (IKMAT), menyampaikan ada 7 cara untuk melestarikan budaya Aceh Tenggara (5/8).

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya lokal.
  2. Lebih mendorong kita untuk memaksimalkan potensi budaya lokal beserta pemberdayaan dan pelestariannya.
  3. Berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi.
  4. Selalu mempertahankan budaya Indonesia agar tidak punah.
  5. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa.
  6. Ikut melestarikan budaya dengan cara berpartisipasi dalam pelaksanaannya.
  7. Mempelajarinya dan mensosialisasikan kepada orang lain sehingga mereka tertarik untuk ikut menjaga atau melestarikan budayanya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamanya. Melihat kenyataan bahwa para generasi muda bangsa Indonesia saat ini lebih memilih kebudayaan asing yang mereka anggap lebih menarik ataupun lebih unik dan praktis, kebudayaan lokal banyak yang luntur akibat tidak ada generasi penerus yang akan mewarisinya.

Perlunya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya yang mana kebudayaan Indonesia adalah budaya-budaya lokal adalah kewajiban setiap lapisan masyarakat, dimana peran setiap mereka yang terus berusaha untuk mewarisi kekuatan budaya lokal akan menjadi kekuatan budaya itu untuk tetap ada. (Red PSB)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.