Lemen Manurung: Bayi Yang Baru Lahir Langsung Mendapat Akte Kelahirannya

Samosir, Mulajadinews.com 

Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan upaya pembenahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan cara mempermudah urusan administrasi kependudukan.

Sebuah program baru dan menarik saat ini terbentuk di Samosir. Program akte kelahiran “kilat”. Pasalnya seorang anak akan langsung mendapatkan akte lahir setelah sang ibu dan anak mendapat izin pulang dari dokter yang menanganinya.

Program ini terwujud atas kerjasama antara pihak Rumah Sakit Umum Hadrianus Sinaga Pangururan dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Samosir.

Kadis Dukcapil Samosir, Lemen Manurung saat diwawancarai, Minggu, 10 Juni 2018 menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk mempermudah urusan kependudukan masyarakat. Hal ini sesuai dengan program pemerintah yang memprioritaskan kepemilikan akte lahir bagi masyarakat sejak usia bayi hingga usia 18 tahun.

Adapun persyaratannya yakni cukup membawa Kartu Keluarga (KK) terbaru juga mempersiapkan nama bagi anak yang baru lahir tersebut. Yang nantinya pihak rumah sakit yang mendata. Selanjutnya pihak rumah sakit akan mengeluarkan surat keterangan lahir sekaligus mengentri data si bayi ke aplikasi yang disediakan pihak Dukcapil untuk dicetak.

“Untuk proses pencetakan akte lahir tersebut, kita akan upayakan satu hari langsung siap dan paling lama dua hari. Intinya, sebelum si bayi diperbolehkan dokter pulang, nantinya sudah memiliki akte lahir,” kata Lemen Manurung.

Direktur RSU Hadrianus Sinaga Pangururan, Friska Situmorang mengatakan, setelah mendapat izin pulang oleh tim dokter, para ibu melahirkan langsung diberikan akte kelahiran bayinya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, agar program tersebut untuk terus ditingkatkan sebab hal itu merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai pelayan masyarakat.(SBS).

Keterangan photo: Salah satu orang tua yang baru melahirkan langsung mendapat akte kelahiran bayinya.

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.